Kiranya Kasih Sukatjita dan Damai Sejahtera menyertai Saudara senantiasa - Tuhan Memberkati, amin

Rabu, 05 November 2014

Taman Buah Mangunan Bantul


Hari masih pagi, tapi kami sudah siap untuk memenuhi ajakan keluarga Andy Kharawanta ke Jogja…

Pagi yang tjerah di Hari pertama Chandra ke tiga Warsa 2014, beberapa hari yang lalu sahabatku satu ini tjerita tentang tempat nan elok di dataran tinggi Kabupaten Bantul, yang tidak begitu jauh dari Ketjamatan Playen Gunungkidul.


Nama yang masih asing bagiku, karena selama ini aku hanya memfokuskan wisata di Kabupaten Gunungkidul, terutama Pantai. Perjalanan hanya kurang lebih 1 jam ditempuh dari Wonosari. Lewat Imogiri, Makam Raja-raja Mataram, yang sudah lebih dahulu dikenal.

Tempat itu bernama Kebun Buah Mangunan, Terletak di Ketjamatan Dlingo, dari kota Jogja berjarak sekitar 35Km. Area seluas lebih dari 23 hektar itu mulai dibangun tahun 2003 oleh pemerintah kabupaten Bantul. Berada di ketinggian 150-200M dari permukaan laut... entah karena belum musimnya atau memang tidak berbuah, sepanjang kami explore taman tersebut tidak menjumpai satu buahpun… pohon buah yang mendominasi adalah Durian, rambutan, salak, mangga, jambu air, pisang, nangka dan lain-lain.

Per orang dikenakan biaya masuk Rp.5000,- sudah termasuk parkir kendaraan. Setelah agak naik kami sampai di Spot terbaik dari tempat ini… dengan pagar beton kami bisa memandang pemandangan nan hijau perbukitan dengan sungai dibawahnya… indah memang, disebelah selatan kita juga bisa melihat Laut, dibawah sungai Oya membentang... untung sekali tjuatja hari itu begitu tjerah sehingga sempurna sekali pemandangannya…





Karena tidak ada yang jualan di tempat tersebut, sebaiknya kalau mau kesana membawa bekal sendiri, keluar dari area itupun juga jauh dari rumah penduduk sehingga sulit juga untuk menemukan toko atau warung…



Udara yang segar, angin sepoi sepoi seakan menerbangkan kami ke alam lain… ingin rasanya berlama-lama di tempat ini, damai rasanya… sedjenak kami melupakan segala beban masalah yang ada… dan hanya terpaku pada keindahan tjiptaan Tuhan yang luar biasa amazing, kamipun disadarkan untuk selalu menjaga alam, melestarikan hutan dan mentjintai tumbuhan.





Sungguh suatu pengalaman yang sangat berharga! Utjapan terima kasih kami untuk keluarga Andy SpiritNet Semanu yang sudah memperkenalkan surga ini ke kami!







Sampai ketemu di edisi berikutnya…

Salam Andreas Seluas Samodra!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar